Kamis, 20 Agustus 2020

Rpl Bimbingan Konseling Kelas 12 Sma Semester Ganjil Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas Negeri  .......................
Kelas/Semester
: XII   / 1
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  I   BANGGA DI KELAS XII
A    SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
ASPEK PERKEMBANGAN
:
7. Pengembangan pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Semangat gres di kelas XII
INDIKATOR
:
Dapat menyesuaikan diri
BIDANG LAYANAN
:
Sosial
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik sanggup mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas baru
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A. Pendahuluan
1.    Memberi salam, menilik kehadiran akseptor didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di awal tahun pemikiran ini dengan bernyanyi ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.

10 ’
B. Kegiatan Inti
1.    Proses
·         Eksplorasi  :  peserta didik mencicipi A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Elaborasi    : akseptor didik mengemukakan gagasan gres perihal lagu ”Naik ke Kelas XII”
·         Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII”
2.    Aspek CTL
·         Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal semangat mencar ilmu di kelas XII.
·         Konstruktivisme (membangun) : guru BK/Konselor memberi teladan lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Modeling (pemodelan) : guru BK/Konserlor meminta seorang akseptor didik membacakan cerita.
·         Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : akseptor didik menuntaskan tugas di modul BK : memberi tanda silang pada bak Ya atau Tidak, serta menciptakan puisi atau syair lagu kelas XII
3.    Kecakapan Hidup
·         Kooperatif : akseptor didik sanggup mencicipi sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab dalam belajar.

25’
C. Penutup
1.   Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan perlunya semangat gres di awal tahun ajaran.
2.   Refleksi       : semangat mencar ilmu di kelas XII diekspresikan melalui lagu ”Naik ke Kelas XII”

5 ’

I.PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Pendapat pribadi
Laiseg    : Ekspresi bahagia pada diri akseptor didik.
Laijapen : Tetap bahagia mencar ilmu di kelas.
Laijapan : Prestasi tercapai

II. CATATAN KHUSUS

A.  Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan :  
                                                                                                                                               
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 
                                                                                                                                                 


Mengetahui,  
                        ..............................,Juli 2017      

Kepala  SMA Negeri  ...............                                            Guru BK Kelas XII



....................................                                                            ................................................
NIP.                                                                                         NIP.